adf.ly - shorten links and earn money!
inilah jawabannya

Bekantan.... Primata Pemalas Berhidung Aneh

  • i
Kalimantan selain kaya dengan berbagai flora dan berbagaimacam tumbuhan lainnya juga menyimpan beraneka ragam kekayaan Fauna. selain Gaja, Orang Utan, dan Populasi Burung, Primata langka Bekantan pun masih berthanan dan awet didalamnya.
sungguh tanah negeri anugerah yang Luar biasa..
Quote:

Bekantan atau dalam nama ilmiahnya Nasalis larvatus adalah sejenis kera berhidung panjang dengan rambut berwarna coklat kemerahan dan merupakan satu dari dua spesies dalam genus tunggal kera Nasalis. Ciri-ciri utama yang membedakan bekantan dari kera lainnya adalah hidung panjang dan besar yang hanya ditemukan di spesies jantan.
Quote:
Spoiler for Bekantan:
Quote:
Fungsi dari hidung besar pada bekantan jantan masih tidak jelas, namun ini mungkin disebabkan olehseleksi alam. Kera betina lebih memilih jantan dengan hidung besar sebagai pasangannya. Karena hidungnya inilah, bekantan dikenal juga sebagai monyet Belanda. Dalam bahasa Brunei (kxd) disebut bangkatan.
Quote:
Spoiler for Bekantan:
Quote:
Bekantan jantan berukuran lebih besar dari betina. Ukurannya dapat mencapai 75cm dengan berat mencapai 24kg. Kera betina berukuran 60cm dengan berat 12kg. Spesies ini juga memiliki perut yang besar, sebagai hasil dari kebiasaan mengkonsumsi makanannya. Selain buah-buahan dan biji-bijian, bekantan memakan aneka daun-daunan, yang menghasilkan banyak gas pada waktu dicerna. Ini mengakibatkan efek samping yang membuat perut bekantan jadi membuncit.
Quote:
Spoiler for Bekantan:
Quote:
Bekantan tersebar dan endemik di hutan bakau, rawa dan hutan pantai di pulau Kalimantan. Spesies ini menghabiskan sebagian waktunya di atas pohon dan hidup dalam kelompok-kelompok yang berjumlah antara 10 sampai 32 kera. Bekantan juga dapat berenang dengan baik, terkadang terlihat berenang dari satu pulau ke pulau lain.

Quote:
Spoiler for Bekantan:
Quote:
Hewan ini di kategorikan sebagai Hewan Primata Pemalas dan Pemalu. Pergerakan Bekantan di dahan-dahan sangat lamban sehingga memungkinkan kemudahan para pemburu untuk menangkapnya. mereka bisa seharian penu berada di dahan satu pohon beserta rombongannya untuk sekedar berkumpul bersama betina dan anak-anaknya.
Bekantan ini juga tipe Hewan yang Pemalu, cob saja jika anda melihat seorang petugas taman masuk kekandang untuk memberinya makan, mereka akan segera berbalik, memanjat kandang dam menutupi muka mereka dan baru akan menyentuh makanannya setelah para Petugas Pergi dari Kandangnya.
Quote:
Spoiler for Bekantan:

Hewan ini juga bertubuh Gendut. hal ini diduga karena Bekantan selalu mengkonsumsi rumput dan buah-buahan yang mengandung Gas.
Quote:
Spoiler for Bekantan:
Quote:
Begitu juga dengan Hewan-hewan langka lainnya, sekarang Bekantan termasuk salahsatu Hewan Langka yang dilindungi oleh Dinas Kehutanan dan Pariwisata Indonesia.
Sangat disesalkan. Perburuan Hewan ini semakin hari semakin menjadi-jadi, maraknya Pasar Gelap dan diselundupkannya ke berbagai negara membuat populasi Keberadaannya di Indonesia mulai terancam. Konon, pada tahun 2014 kita tidak akan bisa menyaksikan kelucuan Hewan-hewan ini lagi.
Spoiler for Bekantan:
Quote:
Quote:
Quote:


sumber

Artikel Terkait



Banner

Inilah Jawabannya

Banner 2

Inilah Jawabannya

Banner 3

Inilah Jawabannya

Sponsored

klikot - the social network that pays its member adf.ly - shorten links and earn money!

Guest Book